POSITIVE
AND NORMATIVE ECONOMICS
Positive economics adalah pendekatan ilmiah
untuk analisis yang menetapkan
hubungan sebab akibat antara variabel-variabel ekonomi. Teori positif
mencoba untuk bersikap objektif, sehingga tidak ada prasangka
tentang apa yang baik atau buruk atau apa yang harus dicapai.
Ini hanya merumuskan
hipotesis dari "Jika
... maka" yang
dapat diperiksa terhadap fakta-fakta.
Pendekatan normatif didasarkan
pada pertimbangan nilai tentang apa yang diinginkan atau apa yang harus dilakukan untuk mencapai
hasil yang diinginkan. Teori normatif
dimulai dengan kriteria yang telah
ditentukan dan digunakan untuk menentukan kebijakan terbaik untuk
mencapai kriteria tersebut. Pendekatan ini, tidak seperti
pendekatan positif, tidak bersifat
objektif.
Pendekatan positif dan normatif, keduanya berguna, dan
bahkan ada ketergantungan tertentu
antara dua pendekatan tersebut. Teori normatif tidak
dapat membuat rekomendasi untuk
mencapai hasil tertentu tanpa
sebuah teori yang mendasari perilaku
manusia.
Pendekatan normatif
berguna bagi pendekatan positif dalam mendefinisikan isu-isu yang
relevan.
NORMATIVE
EVALUATION OF RESOURCE USE: THE EFFICIENCY CRITERION
Efisiensi adalah
kriteria normatif untuk mengevaluasi dampak dari penggunaan sumber daya bgi kesejahteraan individu.
Kriteria efisiensi mencapai
kepuasan ketika sumber daya yang digunakan selama setiap periode waktu
tertentu sedemikian rupa membuatnya tidak mungkin
untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang tanpa
mengurangi kesejahteraan orang lain. Dikembangkan oleh ekonom Italia Vilfredo
Pareto (1848-1923).
Bagi sebagian besar orang, efisiensi berarti memperoleh hasil yang diinginkan dengan usaha atau beban yang minimum. Yang identik dengan
ini adalah meminimalkan upaya yang sia-sia-sesuatu yang tidak
mendatangkan hasil yang bermanfaat.
Kita mulai dg menggunakan kriteria
efisiensi. Pertama, asumsikan bahwa
kesejahteraan setiap individu meningkat
seiring jumlah barang dan jasa yang
ia konsumsi per
tahun. Produksi ekstra akan memungkinkan
beberapa orang untuk mengkonsumsi
lebih banyak tanpa mengurangi
jumlah yang dikonsumsi oleh orang lain.
Akibatnya, akan ada kemungkinan untuk membuat beberapa individu lebih baik tanpa merugikan orang lain dengan menghindari pemborosan produksi.
Aspek penting lain dari efisiensi adalah kebebasan untuk terlibat dalam pertukaran yang saling
menguntungkan. Jika Anda bebas untuk terlibat dalam transaksi untuk memperoleh keuntungan, Anda bisa
mendapatkan kepuasan lebih banyak dari penghasilan Anda. Kebebasan
dalam perdagangan oleh karena itu merupakan aspek penting dari efisiensi.
Kendala yang menjadi penghalang sumber daya
digunakan dan diperdagangkan sedemikian rupa untuk memberikan keuntungan bersama akan mencegah pencapaian efisiensi. Ketika efisiensi dicapai, keuntungan bersama dari realokasi sumber daya dalam penggunaan produktif atau melalui
pertukaran lebih lanjut barang dan jasa antara individu-individu adalah tidak mungkin lagi.
Banyak masyarakat berpendapat bahwa tidak semua perdagangan yang saling menguntungkan harus diperbolehkan. Individu tersebut menuntut agar kekuasaan pemerintah digunakan untuk
mencegah pertukaran yang mereka dapati tak
dapat dibenarkan secara moral.
Kriteria efisiensi didasarkan pada pertimbangan nilai dasar bahwa individu harus diizinkan untuk mengejar kepentingan dirinya sendiri, asalkan tidak ada yang dirugikan dalam proses tersebut.
Marginal conditions for efficiency
Setiap barang ekonomi yang tersedia dlm kuantitas
tertentu, akan memberikan sejumlah kepuasan bagi mereka yang
mengkonsumsinya. Ini
adalah Total Social Benefit. Marginal Social Benefit suatu barang
adalah manfaat tambahan yang diperoleh dari pembuatan satu unit tambahan
barang. Marginal Social Benefit dapat diukur sebagai sejumlah uang maksimum
yang diberikan oleh seseorang untuk mendapatkan unit tambahan dari barang
tersebut.
Total
Social Cost adalah
nilai dari semua sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi sejumlah barang
tertentu. Marginal Social Cost
adalah jumlah uang minimum yang dibutuhkan untuk mengganti kerugian pemilik
input yang digunakan dalam produksi barang untuk membuat satu unit barang
tambahan. Dalam menghitung MSC, asumsikan bahwa output diproduksi pada Minimum Possible Cost, dengan teknologi
yang sudah tersedia.
Gambar 2.1A menunjukkan MSB dan MSC dari
pembuatan berbagai kuantitas roti. Gambar 2.1B menunjukkan TSB dan TSC dari
produksi roti. MSB adalah
, dimana
adalah perubahan manfaat sosial suatu barang
dan
adalah penambahan satu unit output. Marginal
Social Benefit diukur dari slope kurva TSB pada setiap titik. Demikian pula,
MSC,
, diukur dari
kemiringan kurva TSC pada setiap titik.
Output efisien dapat ditentukan oleh
perbandingan MSB dan MSC-nya pada berbagai tingkat output. Lihatlah pada output
Q1=10.000 pada gambar 2.1A. Tingkat output bulanan ini tidak efisien karena MSB
melebihi MSC-nya.
Marginal
Net Benefit adalah
perbedaan antara MSB dan MSC-nya. Ketika Marginal Net Benefit positif,
keuntungan tambahan dari alokasi lebih banyak sumber daya untuk produksi suatu
barang adalah mungkin.
Setiap kali MSB suatu barang melebihi MSC-nya,
akan mungkin membuat paling tidak satu orang lebih baik tanpa merudikan orang
lain dari produksi barang dalam jumlah lebih banyak. Keuntungan bersih dari
pengalokasian sumber daya untuk produksi tambahan suatu barang terus menuju ke
titik dimana MSB suatu barang turun sama dengan MSC-nya. Jika tambahan sumber
daya yang dialokasikan untuk memperbanyak produksi barang per bulan di luat
titik tersebut, MSC akan melebihi MSB. Marginal Net Benefit dari tambahan
penggunaan sumber daya tersebut akan menjadi negative.
Kondisi marjinal untuk alokasi sumber daya yang efisien oleh karena itu
mengharuskan sumber daya dialokasikan untuk memproduksi setiap barang selama
tiap-tiap periode sehingga
MSB = MSC
(2.1)
Pada gambar 2.1A, output yang efisien
diperlihatkan pada titik dimana kurva MSB dan MSC berpotongan. Output efisien
ini adalah Q*=15.000. Jika MSB>MSC, tambahan keuntungan bersih dari
pengalokasian lebih banyak sumber daya untuk produksi barang setiap bulan
menjadi mungkin.
Tambahan keuntungan bersih yang mungkin dari
peningkatan output dari Q1 ke Q2 diwakili oleh area ABE. Ketika MSC>MSB,
paling tidak satu orang bisa menjadi lebih baik tanpa merugikan orang lain
dengan mengurangi output bulanan. Output Q2=20000 tidak efisien. Tambahan
keuntungan yang bias didapat dengan mengurangi output dari Q2 ke Q* adalah area
segitiga CED.
Pada output bulanan Q*, total kepuasan bersih
(manfaat dengan biaya terkecil) dari penggunaan sumber daya untuk memproduksi
barang adalah maksimum. Seperti ditunjukkan pada gambar 2.1B, pada output
bulanan Q*, slope kurva TSC sama dengan slope kurva TSB. Pada output Q*,
selisih antara dua kurva pada gambar 2.1B adalah maksimum. Selisih ini
ditunjukkan dengan TSB-TSC, yaitu surplus TSB suatu barang atas TSC-nya. Ini
adalah keuntungan bersih bulanan suatu barang. Memprodukssi lebih banyak barang
setiap bulan sampai TSB sama dg TSC (di titik Z pada gambar 2.1B) akan
menurunkan kepuasan total bersih bulanan.
Hal ini karena selisih antara TSB dan TSC
menurun lebih banyak dari Q* unit yang diproduksi. Pada titik dimana TSB=TSC,
Total Net Benefit suatu barang adalah nol. Memaksimalkan TSB suatu barang akan
membutuhkan produksi dan penjualan yang diperluas tanpa batas. Ini mengikuti asumsi bahwa lebih banyak barang
selalu membuat orang lebih sejahtera. Criteria efisiensi mempertimbangan TSB dan TSC
suatu brg.
MARKETS,
PRICES, AND EFFICIENCY CONDITIONS
Sistem pasar persaingan
sempurna dapat mengakibatkan penggunaan sumber daya yang efisien dalam suatu perekonomian. Sebuah sistem pasar persaingan sempurna ada jika:
1. Semua sumber daya produktif dimiliki secara pribadi.
2. Semua transaksi bertempat di pasar, dan di setiap pasar yang terpisah penjual yang bersaing menawarkan produk standar untuk pembeli yang bersaing.
3. Kekuatan ekonomi tersebar dalam arti bahwa tidak ada pembeli atau penjual yang dapat mempengaruhi harga.
4. Semua informasi yang relevan tersedia secara bebas untuk pembeli dan penjual.
5. Sumber daya berpindah-pindah dan dapat secara bebas digunakan dalam setiap perusahaan.
Asumsikan bahwa pembeli dan penjual berusaha untuk memaksimalkan keuntungan mereka dari perdagangan dalam sistem
tersebut. Pembeli memaksimalkan kepuasan yang mereka peroleh dengan
menukarkan uang mereka dengan barang dan jasa di pasar dan penjual memaksimalkan keuntungan yang mereka peroleh dari menyediakan barang dan jasa bagi konsumen.
Ketika memutuskan berapa banyak barang yang
dibeli, pembeli mempertimbangkan MPB mereka sendiri, yang merupakan nilai dolar ditempatkan pada unit tambahan barang oleh konsumen individu. Apa yang mereka korbankan diukur dengan harga satu unit tambahan
barang, yaitu, jumlah uang yang mereka
lepaskan untuk bisa membelanjakan barang lain. Pembeli memaksimalkan keuntungan mereka dari perdagangan dengan
menyesuaikan jumlah setiap barang yang mereka konsumsi sampai MPB yang diterima sama dengan harga, P.
P = MPB = MSB (2.2)
MPB yang diterima oleh konsumen yang membeli barang juga sama dengan MSB sutu
barang, asalkan tidak seorang pun kecuali pembeli menerima setiap kepuasan ketika barang tersebut dikonsumsi. Perusahaan akan meningkatkan
keuntungan setiap kali pendapatan yang diperoleh dari penjualan unit tambahan melebihi biaya produksi dan pnjualan unit tambahan
tsb. MPC suatu output adalah biaya yang
dikeluarkan oleh penjual untuk membuat satu unit tambahan output yang dapat dijual. Penerimaan tambahan yang diperoleh dari penjualan satu unit lebih tambahan adalah harga barang itu sendiri, dengan asumsi bahwa perusahaan dapat menjual sebanyak ia suka dengan harga pasar yang sedang berlaku. Produsen memaksimalkan keuntungan dari perdagangan dimana
P = MPC = MSC (2.3)
MPC output yang dikeluarkan oleh penjual adalah MSC, asalkan opportunity cost dari semua sumber
daya yang digunakan dalam
pembuatan produk termasuk dalam biaya total si penjual. Menggabungkan persamaan 2.2 dan 2.3 menjadi satu persamaan memberikan hasil sebagai berikut:
(2.4)
Dimana
adalah marginal privat benefityang diterima
oleh konsumen. Sebuah pasar persaingan
sempurna, akan menghasilkan tingkat output dimana MPB = MPC. Jika konsumen hanya penerima manfaat ketika suatu barang dijual, dan penjual menanggung semua biaya pembuatan barang, Persamaan 2.4 menunjukkan bahwa MSB = MSC untuk brg tsb. Ekuilibrium pasar karena itu akan mencapai output yang efisien. Jika kondisi ini terpenuhi di semua pasar dan semua barang yang diperdagangkan di pasar, alokasi sumber daya secara keseluruhan dalam perekonomian akan memenuhi kriteria efisiensi.
When does market interaction fail to
achieve efficiency?
Kemungkinan bahwa interaksi politik mungkin memberikan manfaat bersih yang dapat diperas dari sumber daya yang tersedia yg kemudian dapat
dieksplorasi. Namun, tindakan politik tidak akan selalu menghasilkan keuntungan
bersih. Kegiatan Pemerintah itu sendiri dapat menyebabkan inefisiensi.
Masalah mendasar yang menyebabkan inefisiensi dalam pasar kompetitif adalah bahwa harga tidak selalu sepenuhnya mencerminkan MSB atau MSC output. Hal ini sering terjadi karena
sifat atau barang-barang tertentu, yang membuat mereka sulit untuk dikemas dan
diperdagangkan dengan mudah di pasar.
Kegagalan pasar untuk memberi harga dan membuat barang-barang tertentu yang
tersedia seperti pertahanan nasional dan perlindungan
lingkungan menimbulkan tuntutan untuk produksi dan peraturan pemerintah.
Monopolistic power
Pasar juga akan gagal untuk menghasilkan tingkat output yang efisien ketika kekuasaan monopoli dilaksanakan. Sebuah perusahaan yang menjalankan kekuatan monopoli ketika mempengaruhi harga produk yang dijualnya dengan mengurangi output ke tingkat di mana harga yang di-set melebihi biaya marjinal produksi. Sebuah perusahaan monopoli memaksimalkan keuntungan pada tingkat output di mana pendapatan
marjinal (MR) sama dengan MPC-nya. Hal ini diilustrasikan
pada Gambar 2.2.
Asumsikan bahwa MPC perusahaan monopoli mencerminkan nilai semua input yang digunakan untuk
menghasilkan output tambahan dan karena itu mencerminkan MSC. Perusahaan monopoli akan menghasilkan
output QM. Ini adalah output sesuai dengan titik A, di mana MR = MSC. Ketika banyak output yang tersedia, harga akan menjadi PM. Ini
adalah MSB dari output tersebut, MSBM. Karena MR monopolis lebih kecil dari harga produk, MSC dari produksi juga akan lebih kecil dari harga. Oleh
karena itu, pada tingkat output Qm, P=MSB=MSC, seperti diperlihatkan pada
gambar 2.2. Efisiensi tidak tercapai karena MSB> MSC di QM.
Efisiensi dapat dicapai dengan memaksa pelaku monopoli untuk meningkatkan
produksi sampai harga turun ke tingkat yang sama dengan MSC. Keuntungan bersih tambahan yang didapat dari peningkatan output dari QM ke Q * unit ditunjukkan oleh daerah segitiga ABE pada gambar 2.2. Ini merupakan manfaat sosial tambahan atas biaya sosial tambahan yang timbul dalam
meningkatkan output sampai ke titik di mana MSB = MSC.
How taxes can cause losses in
efficiency in competitive markets
Ketika suatu produk atau jasa dikenakan pajak, jumlah yang diperdagangkan dipengaruhi oleh pajak yang dibayarkan per unit serta MSC dan MSB dari item tsb. Pajak mendistorsi keputusan pelaku pasar. Misalnya, pajak penghasilan mempengaruhi pekerja keputusan membuat tentang alokasi waktu antara pekerjaan dan liburan.
Sebuah contoh sederhana menunjukkan
bagaimana pajak dapat mencegah pasar kompetitif mencapai output yang efisien. Misalkan pasar untuk layanan telepon jarak jauh adalah persaingan sempurna. Grafik 2.3 menunjukkan kurva permintaan dan
penawaran untuk jarak jauh layanan telepon.
Output ekuilibrium di pasar, sesuai dengan titik E, adalah 4 miliar unit pesan per bulan dan harga ekuilibrium adalah 5 sen per unit pesan. Output pasar adl efisien karena sesuai dengan titik di mana MSC layanan telepon jarak jauh sama dengan MSB-nya.
Sekarang
anggaplah bahwa pemerintah memungut pajak 2 persen per unit pesan pada penjual jasa sambungan jarak jauh. Pengaruh pajak adalah untuk mengurangi pasokan layanan sebagai harga yang harus
dibayar oleh produsen untuk memperluas layanan oleh satu unit harus sama dengan
jumlah biaya pribadi marjinal layanan dan pajak per unit pelayanan, T.
Sebagai akibat dari adanya pajak yang
menurunkan penawaran , titik ekuilibrium sekarang pada E'. Pada saat itu, harga layanan telepon telah meningkat menjadi 6 sen per unit pesan dan output
ekuilibrium telah jatuh ke 3 miliar unit per bulan.
MARKET
FAILURE: A PREVIEW OF THE BASIS FOR GOVERNMENT ACTIVITY
Kegagalan pasar untuk membuat barang dan jasa tersedia dalam kasus-kasus dimana MSB suatu barang lebih besar daripada MSC barang-barang atau jasa tersebut sering
mengakibatkan tuntutan/permintaan untuk tindakan
pemerintah.
Bentuk/penyebab kegagalan pasar untuk mencapai hasil yang efisien berikut ini biasanya
digunakan sebagai dasar untuk merekomendasikan intervensi
pemerintah di pasar atau penyediaan jasa pemerintah:
1.
Pelaksanaan kekuatan monopoli di pasar.
Ketika pasar didominasi oleh hanya beberapa perusahaan atau oleh satu perusahaan, ada potensi untuk menjalankan kekuatan monopoli. Perusahaan yang menjalankan kekuasaan monopoli dapat menambah keuntungan mereka dengan menyesuaikan harga ke titik di mana MR sama dengan MPCnya tanpa takut pendatang baru masuk ke pasar. Untuk mencegah monopoli kontrol atas harga, pemerintah biasanya mengawasi pasar untuk memastikan
bahwa hambatan masuk tidak bertindak untuk mendorong pelaksanaan kekuatan monopoli.
2.
Pengaruh transaksi pasar pada pihak ketiga selain pembeli dan penjual.
Ketika transaksi pasar mengakibatkan efek kerusakan/kerugian bagi pihak ketiga yang tidak berpartisipasi
dalam keputusan, hasilnya akan menjadi inefisiensi. Hal ini
menyebabkan tuntutan kebijakan
pemerintah untuk mengurangi efek kerusakan/kerugian dari transaksi pasar bagi pihak ketiga yang tidak berpartisipasi
dalam keputusan tersebut.
3.
Kurangnya pasar barang dengan MSB > MSC.
Dalam banyak kasus, barang dan jasa yang berguna tidak dapat diberikan secara efisien melalui pasar karena tidak mungkin atau sulit untuk menjual barang per unit. Manfaat dari barang-barang
tersebut dapat dibagi saja. Barang-barang ini disebut barang "publik" untuk membedakannya dari barang pribadi yang dikonsumsi oleh individu dan yang manfaatnya tidak dibagi dengan orang lain yang tidak melakukan pembelian. Karakteristik yang membedakan
barang publik dengan barang swasta adalah bahwa sejumlah tertentu barang tersebut dapat dinikmati oleh konsumen tambahan tanpa mengurangi manfaat kepada konsumen yang sudah ada. Pertahanan nasional adalah contoh dari barang publik.
Karakteristik
lain dari barang publik adalah bahwa keuntungannya tidak dapat dengan mudah disembunyikan
dari orang-orang yang memilih untuk tidak berkontribusi untuk membayar. Dalam banyak
kasus, penyediaan barang oleh pemerintah dibenarkan karena keyakinan bahwa MSB melebihi MSC pada kuantitas yang dihasilkan jika barang tsb dipasok melalui pasar.
Sebagai contoh, pemerintah penyediaan asuransi kesehatan, asuransi deposito,
dan asuransi banjir secara umum.
4.
Informasi yang tak sempurna
Kita sering menuntut agar pemerintah melakukan intervensi di pasar karena kita memiliki
informasi yang tidak lengkap mengenai risiko pembelian produk tertentu atau bekerja di pekerjaan tertentu. Sebagai contoh, kita bergantung pada pemerintah untuk menguji obat baru dan untuk mencegah penjualan produk berbahaya. Kita juga bergantung pada pemerintah untuk menetapkan standar keselamatan di tempat kerja.
5.
Stabilisasi ekonomi
Ketidaksempurnaan Pasar, seperti upah kaku yg cenderung
menurun, menimbulkan pengangguran yang berlebihan dalam menanggapi penurunan permintaan agregat. Pemerintah terlibat dalam kebijakan moneter dan fiskal dalam upaya untuk menstabilkan perekonomian untuk mengoreksi kegagalan pasar ini untuk memastikan kesempatan kerja penuh. Pemerintah juga berusaha untuk menghindari inflasi berlebihan dan tidak menentu yang dapat mengikis daya beli dan dapat mengganggu fungsi pasar keuangan.
EQUITY
VERSUS EFFICIENCY
Banyak warga berpendapat bahwa hasil juga harus dievaluasi dari segi ekuitas, yaitu, dalam hal keadilan yang dirasakan dari suatu hasil. Para ekonom biasanya
membatasi analisis pertanyaan mereka dari ekuitas untuk penentuan dampak kebijakan alternatif pada distribusi kesejahteraan di antara msyarakat.
Sebagai contoh, banyak orang khawatir tentang dampak kebijakan pemerintah
terhadap kelompok-kelompok seperti orang miskin, lanjut usia, atau anak-anak.
The trade-off between efficiency and equity: a
graphic analysis
Points on the
utility-possibility curve give the maximum level of well-being for any one
person, A, given the level of well-being of any other person, B. points E1, E2,
and E3 are efficient. Point Z is unattainable. Point X is efficient. However, a
movement from X to E3 will be opposed by A because it would make him or her
worse-off.
The trade-off between equity and efficiency in
a system of competitive markets.
Sebuah sistem pasar persaingan sempurna dapat diberikan nilai tinggi karena mampu mencapai efisiensi. Hasil yg efisien dalam sebuah sistem pasar adalah titik pada kurva batas kemungkinan utilitas. Dalam sebuah sistem pasar, pendapatan setiap orang akan tergantung pada jumlah sumber daya produktif yang dimiliki dan hasil yang diperoleh dari menjual jasa produktif kepada orang lain di pasar. Distribusi pendapatan akan menentukan kemauan dan kemampuan untuk membayar berbagai barang
dan jasa yang dapat dihasilkan perekonomian dengan sumber daya dan teknologi yang tersedia.
Banyak kritik dari sistem pasar yg berpendapat bahwa hal itu tidak dapat diberikan nilai tinggi atas dasar kriteria ekuitas. Mereka mengeluh bahwa banyak peserta dalam sistem tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka yang
paling dasar karena pendapatan rendah menyediakan mereka dengan kapasitas kecil untuk membayar
barang dan jasa pasar. Kemiskinan di tengah-tengah kekayaan dianggap tidak
adil oleh banyak orang. Sistem pasar melayani mereka dengan kemampuan untuk membayar, yang tergantung pada pendapatan.
Kritik terhadap sistem pasar juga berpendapat bahwa orang-orang miskin harus menerima transfer yang dibiayai oleh pajak yang
dibebankan kepada anggota masyarakat yang lebih
beruntung.
POSITIVE
ANALYSIS TRADE-OFF BETWEEN EQUITY AND EFFICIENCY
Analisis positif dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas dari kebijakan alternatif dalam mencapai setiap perubahan dalam distribusi pendapatan. Pendekatan positif mencoba untuk menjelaskan
mengapa hasil yang efisien adalah, atau tidak, tercapai. Daripada merekomendasikan perubahan yang akan menghasilkan hasil yang efisien, upaya pendekatan
positif untuk memprediksi apakah perubahan dalam kebijakan pemerintah atau belanja akan disepakati melalui lembaga politik yang ada.
Mengacu pada gmbr 2,5, orang A lebih sejahtera di titik X dibandingkan
dengan titik E3,
meskipun titik X memberikan manfaat sosial bersih agregat yg lebih kecil dalam perekonomian.
Individu tidak peduli dengan manfaat sosial bersih. Sebaliknya, mereka memaksimalkan
keuntungan bersih pribadi mereka. Trik dalam merancang kebijakan yang efisien adalah untuk membuat
memaksimalkan keuntungan pribadi bersih bertepatan dengan memaksimalkan manfaat
sosial bersih.
Salah satu masalah dalam menggunakan kriteria efisiensi sebagai alat normatif adalah bahwa jumlah sebenarnya dari perubahan alokasi yang akan memenuhi kriteria tersebut mungkin sedikit dan cepat habis. Kebanyakan perdebatan mengenai alokasi sumber daya (misalnya, bagaimana mengalokasikan sumber daya yang langka antara pengeluaran untuk pertahanan dan kegunaan lain) menimbulkan manfaat bagi beberapa kelompok dan kerugian kelompok lain.
Kriteria efisiensi, tegasnya, hanya dapat merekomendasikan perubahan hanya ketika ada yang memperoleh keuntungan (dan tidak ada
pecundang) atau ketika gainers dapat mengkompensasi pecundang dengan biaya
transaksi yang tidak melebihi keuntungan. Beberapa ahli teori normatif mencoba
mengatasi masalah ini dengan menggunakan kriteria kompensasi, yang mencoba
untuk mengukur nilai keuntungan bagi gainers dalam dolar dan membandingkannya
dengan nilai dolar dari kerugian pecundang

2 komentar:
ijin copy . sangat membantu. terimakasih
ijin share. sangat membantu. terimakasih
Posting Komentar